Informasi mengenai kecantikan wanita, rahasia kecantikan, kesehatan, kulit, foto-foto, wanita muslimah

May 5, 2013

Tips Kesehatan: Cara Mencuci Buah yang Baik

Tips Kesehatan: Cara Mencuci Buah yang Baik
Tips Kesehatan: Cara Mencuci Buah yang Baik - Sekarang ini berbagai macam bahan kimia telah digunakan oleh manusia. Salah satu diantaranya adalah dengan menggunakan pestisida untuk tanaman mereka. Entah itu untuk tanaman buah mereka atau sayur-sayuran mereka. Tahukah anda bahwa bahan-bahan kimia yang terdapat di dalam pestisida ternyata sangat berbahaya bagi manusia. Kita pun harus sadar akan masalah besar dan mengambil langkah antisipatif agar kita dapat meminimalisir dampak buruknya bagi kesehatan kita. Meskipun tidak menghilangkan sama sekali, ada trik untuk meminimalkan residu pestisida yang mengendap di dalamnya. Tentu hal ini berbahaya bagi kesehatan! Apalagi jika terakumilasi secara terus-menerus dan dalam waktu panjang. Solusinya memang bisa memilih produk pangan organik. Masalahnya, produk organik masih kurang di pasaran dan harganya pun lebih mahal. Jika sayur dan buah organik sulit didapat, sayur dan buah biasa tak perlu dimusuhi. Ini dia tipsnya mencuci buah yang baik!

Tips Kesehatan: Cara Mencuci Buah yang Baik. Ada banyak cara untuk mencuci buah dan sayuran segar, seperti mencucinya di dalam wadah, di bawah air yang mengalir, menggunakan cuka atau lemon, atau pun memakai sabun khusus yang kini banyak tersedia di pasaran.

Begini cara mencuci buah yang direkomendasikan:
1. Dicuci dengan air mentah
Ketika buah baru dibeli dari pasar, sebaiknya langsung cuci dengan air mentah agar kotoran di permukaannya hilang. Selain itu, usahakan untuk selalu mencuci buah di bawah air mengalir. Jangan sekali-kali merendam buah dalam sebuah wadah, karena hal ini akan membuat kotoran buah yang sudah terlepas menempel kembali.

2. Dicuci dengan air hangat
Setelah dicuci dengan air mentah, cuci kembali buah dengan air hangat. Air hangat ini berfungsi untuk mengurangi lapisan lilin yang ada di permukaan buah, serta bahan lainnya. Air hangat ini mudah merontokkan kotoran-kotoran yang lebih bandel di permukaan dibanding dengan air dingin. Usahakan untuk mencuci buah ini dengan cara menggosok permukaannya.

3. Dilap dengan lap bersih dan kering
Setelah dicuci, keringkan buah dengan lap yang kering dan bersih untuk menghilangkan sisa kotoran yang mungkin masih menempel akibat percikan air kotor bekas mencuci buah.

Menurut analisa yang dilakukan terhadap berbagai metode pencucian buah dan sayur, ternyata merendamnya di dalam air matang dingin memberikan hasil yang tak berbeda dengan memakai sabun khusus. Malah, jika ditambah dengan menyikat, kotoran dan pestisida lebih mudah dihilangkan.

Selain itu gunakan wadah terpisah untuk mencuci buah dan sayur. Hindari mencuci bahan makanan langsung di dalam bak cuci piring. Penelitian menunjukkan bak cuci piring mengandung kuman lebih banyak dari kebanyakan kamar mandi.

Setelah dicuci bersih, pastikan Anda menggunakan talenan khusus untuk memotong buah dan sayur yang berbeda dengan talenan untuk memotong daging. Hal ini bisa mengurangi risiko kontaminasi bakteri.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Kesehatan: Cara Mencuci Buah yang Baik

0 comments:

Post a Comment