Informasi mengenai kecantikan wanita, rahasia kecantikan, kesehatan, kulit, foto-foto, wanita muslimah

Apr 23, 2013

Cantik Alami dengan Konsumsi Tempe

Kecantikan Alami - Tempe tak lagi menjadi makanan ‘kelas dua’. Sajian yang diolah dari kedelai ini sudah menjadi makanan harian segala kalangan. Kadar protein tinggi, dan mengandung sedikit lemak, serta rasanya yang enak, membuat tempe jadi makanan favorit banyak orang. Protein dalam tempe juga dibuktikan paling baik dibandingkan jenis kacang-kacangan lain. Kandungan proteinnya setara dengan protein hewani dari daging, susu, dan telur.

Cantik Alami dengan Konsumsi Tempe. Bahan dasar pembuatan tempe yaitu dari kedelai, terdapat juga jenis makanan yang terbuat bukan dari kedelai tapi juga disebut tempe. Tempe menurut bahan dasarnya mempunyai dua golongan, yaitu tempe yang terbuat dari bahan dasar legum dan tempe berbahan dari non-legum.

Cantik Alami dengan Konsumsi Tempe
Tempe kaya akan serat pangan, kalsium, vitamin B, dan zat bezi. Kandungan tempe yang terdapat didalamnya mempunyai nilai obat untuk tubuh kita, seperti halnya digunakan sebagai antibiotika untuk menyembuhkan infeksi dan anti oksidan pencegah penyakit degeneratif.

Manfaat tempe untuk kecantikan berperan dalam menjaga kelembaban kulit. Kandungan nutrisi tempe sangat bagus untuk meningkatkan total antioksidan darah. Juga menurunkan kadar 8-hidroksi-2-deoksiguansin urine dan menurunkan kerusakan jaringan kulit yang teradiasi sinar ultraviolet.

Dosen kimia Universitas Pendidikan Ganesha (Undiksha) Dra. Siti Maryam, M.Kes, meneliti manfaat tempe lebih jauh. Untuk meraih gelar Doktor di Studi Ilmu Kedokteran, Pascasarjana, Universitas Udayana (Unud), Dr. Siti membahas tempe dalam disertasinya.

Untuk menghindari efek negatif paparan radiasi ultraviolet dan ingin merawat kulit dari kerusakan radiasi ultraviolet, cobalah rutin mengonsumsi.

Sebuah studi menyatakan bahwa kerut-kerut tipis pada wanita yang mengonsumsi makanan yang mengandung isoflavon dari kedelai, seperti tempe, tampak berkurang. Para relawan mengonsumsi aglycone, yang setara dengan 3 ons tempe per hari selama 12 minggu. Bonusnya lagi, dengan menambahkan tempe pada makanan Anda sehari-hari bisa mengurangi risiko kanker endometrial dan ovarium, diabetes, juga mencegah tumbuhnya bibit kanker payudara.

Baru-baru ini penelitian membuktikan adanya manfaat lain dari kedelai yakni mengencangkan kulit sehingga tidak cepat keriput. Rahasianya terletak pada Genistein, sejenis hormon yang ditemukan dalam kedelai. Hormon ini terbukti meningkatkan produksi kolagen, yakni salah satu protein yang fungsi utamanya adalah menjaga kekencangan kulit. Keriput tidak akan mudah muncul bila kulit masih punya cukup kolagen yang melindunginya. Dalam sebuah uji klinis, 53 persen perempuan yang menggunakan Genistein merasakan kulitnya makin lembut dan tampak muda hanya dalam sebulan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Cantik Alami dengan Konsumsi Tempe

0 comments:

Post a Comment