Manfaat Buah Timun



manfaat buah timun-kumincantik
Info Kesehatan-Kumincantik-Timun atau biasa ada yang mengatakan ketimun adalah salah satu buah yang dapat di dapat dengan mudah, bisa di makan secara langsung, biasa juga ditambah pada hidangan atau makanan yang ingin kita santap. Untuk para penjual jajanan seperti gado-gado timun juga sering digunakan sebagai pelengkap, pada saat makan nasi goreng pun buah ini sering dan acapkali menemani santap kita.
Dibalik itu ternyata, timun ternyata mengandung banyak manfaat yang kita perlu tahu dan tentunya patut untuk di coba. Apa itu ? Ayo kita telusuri satu per satu .

Menghidrasi Tubuh

Timun mengandung 96% air yang lebih bergizi dari air putih biasa, yang membantu tubuh tetap terhidrasi dan mengatur suhu tubuh.
 
Perawatan kulit

Mentimun memiliki sifat diuretik, efek pendingin, dan pembersih yang bermanfaat bagi kulit. Kandungan air yang tinggi; vitamin A, B, dan C; serta mineral, seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika; membuat mentimun menjadi bagian penting dalam perawatan kulit.  Masker wajah mengandung jus timun dapat digunakan untuk mengencangkan kulit. Asam askorbat dan asam kafeik yang terdapat dalam timun dapat menurunkan tingkat retensi air sehingga mengurangi bengkak di bawah mata. Kulit timun juga dapat membantu menyembuhkan kulit yang terbakar sinar matahari.

Fungsi pencernaan

Masalah pencernaan, seperti mag, gastritis keasaman, dan bahkan tukak, dapat disembuhkan dengan mengonsumsi jus mentimun segar setiap hari. Kandungan serat makanan dalam mentimun dapat mengusir racun dari sistem pencernaan sehingga memingkatkan proses pencernaan. Bahkan, mengonsumsi mentimun setiap hari dinilai sangat ampuh sebagai obat sembelit.

Kesehatan sendi

Timun merupakan sumber asupan silika yang baik terutama pada bagian kulitnya, yang diketahui membantu meningkatkan kesehatan persendian dengan cara memperkuat jaringan-jaringan ligamen yang merupakan penghubung persendian. 

Pencernaan protein

Mentimun mengandung enzim erepsin yang membantu dalam pencernaan protein.

Melawan Kanker
Timun diketahui engandung lariciresinol, pinoresinol, dan secoisolariciresinol tiga lignan yang telah banyak diteliti berkaitan dengan berkurangnya resiko kanker antara lain kanker payudara, kanker prostat, kanker uterin (kanker endometrium) dan kanker ovarium.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Karena rendah kalori dan mengadung banyak air, timun merupakan menu ideal bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Kulit timun yang keras mengadung banyak serat.

Tekanan darah

Potasium, magnesium, dan serat yang hadir pada mentimun dapat membantu Anda menjaga tekanan darah tetap normal. Timun mengandung banyak kalium, magnesium, dan serat yang bekerja efektif mengatur tekanan darah. Timun baik untuk merawat/mengobati tekanan darah rendah atau tekanan darah tinggi.

Membunuh cacing pita

Biji mentimun dianggap sebagai obat alami untuk mengusir cacing pita di saluran usus. Bahkan, biji mentimun juga dikenal bermanfaat sebagai antiinflamasi serta efektif dalam pengobatan pembengkakan selaput lendir (hidung) dan tenggorokan.

Perawatan kuku

Mentimun kaya akan kandungan silika, dapat mencegah pecah dan rusaknya kuku-kuku di jari kaki dan tangan. 

Menyehatkan Jantung
Timun adalah bahan makanan ramah terhadap Jantung. Timun kaya akan kalsium suatu elektrolit intra seluler yang penting. Kalsium adalah elektrolit yang ramah terhadap jantung, membantu mengurangi tekanan darah dan laju detak jantung dengan cara melawan efek natrium (sodium).

Atasi encok dan rematik

Jus mentimun diperkaya kandungan vitamin A, B1, B6, C, dan D serta folat, magnesium, dan kalsium ketika dicampur dengan jus wortel dapat membantu pasien yang mengalami nyeri sendi dengan cara menurunkan asam urat.

Mengobati sakit gigi dan gusi

Penyakit mulut pada gigi dan gusi, khususnya pyorrhea, dapat diobati secara efektif dengan jus mentimun. Konsumsi mentimun mentah juga dapat meningkatkan air liur serta berfungsi menetralisasi asam dan basa di dalam rongga mulut.

Diabetes

Kandungan mineral mangan bermanfaat dalam sintesis insulin alami di dalam tubuh. Timun diketahui bermanfaat bagi penderita diabetes karena mengandung hormon yang diperlukan oleh sel-sel pankreas untuk menghasilkan insulin.


Berperan sebagai Diuretik

Kandungan air dalam timun bertindak sebagai diuretik yang membantu pembuangan toksin (racun) dan limbah metabolisme dari tubuh melalui urin. Mengkonsumsi timun secara teratur membantu melarutkan batu empedu atau batu ginjal.

Perawatan ginjal
Mentimun menunjukkan manfaat dalam membantu meringankan masalah kandung kemih dan ginjal. Air yang terkandung dalam mentimun membantu fungsi ginjal dengan melancarkan proses urinasi. Faktanya, mentimun merupakan diuretik alami terbaik.

Suburkan rambut

Mentimun mengandung silika. Jus mentium yang dicampur dengan wortel, bayam, dan selada akan membantu penyuburan rambut. Silika terdapat dalam jaringan ikat di dalam tubuh. Senyawa ini membantu pertumbuhan rambut sehingga jika rajin mengonsumsi makanan mengandung silika, Anda akan memiliki rambut yang bagus dan tulang yang sehat.

Menurunkan Kadar Kolesterol Darah
Peneliti menemukan bahwa senyawa yang disebut sterol dalam timun dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

------------ Artikel Menarik Lainnya --------


Comments
0 Comments
 

Return to top of page Copyright © 2012 | Tentang Wanita | Info Kesehatan | CanSeh | Rahasia Kecantikan