Informasi mengenai kecantikan wanita, rahasia kecantikan, kesehatan, kulit, foto-foto, wanita muslimah

Apr 11, 2013

Kenali Bahaya Efek Samping Suntik Kolagen

efek samping suntik kolagen bagi wanita - Dewasa ini tidak sedikit salon kecantikan yang menawarkan jasa penyuntikan kolagen kepada para konsumennya. Masyarakat semakin dimudahkan dalam merevisi tampilan tubuh secara instan demi memuaskan usaha tampil cantik secara estetika.

Kolagen adalah protein alami yang ditemukan di tulang, tulang rawan, kulit dan tendon. Di dalam tubuh manusia terdiri dari 27 jenis kolagen. Kolagen yang ditemukan di daerah kulit adalah kolagen yang digunakan untuk kekencangan dan elastisitas kulit. Dengan berjalannya waktu,jumlah kolagen menurun sehingga elastisitas kulit juga menurun sehingga mulai terbentuk kerutan dan kantong (“sag“). Banyak orang melawan proses penuaan dengan melakukan penyuntikan Kolagen untuk mengganti jumlah kolagen alami yang menurun. Sejak diketemukannya protein alami ini, banyak perawatan yang dilakukan akibat efek samping yang terjadi oleh peggunaan kosmetik.

Suntik kolagen adalah suatu prosedur yang memasukkan cairan atau zat yang mengandung kolagen kedalam kulit. Biasanya suntik kolagen ini dilakukan pada daerah yang ingin dikencangkan seperti bibir, mata atau bagian wajah lainnya. Kolagen ini didapatkan dari hewan seperti sapi dan babi ataupun dari donor manusia. 

Apa saja bahaya suntik kolagena ?
  1. Karena kolagennya berasal dari hewan tertentu seperti sapi atau ayam, maka pastikan terlebih dahulu untuk tidak alergi terhadap komponen tersebut.
  2. Suntikan kolagen kadang menimbulkan reaksi alergi seperti mual, sakit kepala dan muntah. Reaksi alergi terhadap kolagen yang akan disuntikan. Orang yang allergi terhadap injeksi kolagen jenis Bovin sebaiknya tidak melakukan penyuntikan kolagen.
  3. Suntikan kolagen bisa memiliki beberapa efek samping terutama bagi orang yang sangat sensitif, seperti memar atau infeksi.
  4. Orang dengan kelainan autoimun bisa menyebabkan tubuh bereaksi terhadap zat asing dari suplemen kolagen yang masuk ke dalam tubuh, sehingga wajah tampak mengembung.
Laporan kasus kematian akibat suntik kolagen ini sering dilaporkan sehingga anda harus ekstra hati-hati. Suntik kolagen memang memperlihatkan hasil yang instan dan cepat tanpa rasa sakit yang lama. Prosedurnya juga hanya 30-60 menit. Namun hasilnya tidak bertahan lama. Hanya beberapa bulan saja, bahkan ada yang beberapa minggu. Sehingga bagi yang pernah melakukan suntik kolagen akan "ketagihan" melakukannya sehingga pengeluaran akan bertambah. Ditambah lagi dengan efek samping yang bisa terjadi. Diantara efek samping yang pernah dilaporkan antara lain kemerahan, bengkak, pengelupasan, jaringan parut, infeksi bakteri, reaksi alergi dari obat anestesi maupun kolagen itu sendiri, ketidakseimbangan wajah jika kolagen yang disuntikkan merembes ke jaringan sekitar, bahkan sampai kematian akibat reaksi alergi.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kenali Bahaya Efek Samping Suntik Kolagen

1 comments: