Informasi mengenai kecantikan wanita, rahasia kecantikan, kesehatan, kulit, foto-foto, wanita muslimah

Jul 23, 2012

Lebih Dekat dengan Osteoporosis


wanita-dan-osteoporosis

Info Kesehatan-Wanita rentan sekali dengan penyakit osteoprosis. Hampir di setiap media kita dapatkan artikel menganai osteoporosis. Karena ini menyangkut kesehatan wanita, maka Anda sebagai wanita harus tahu lebih dulu apa itu osteporosis ? Jangan sampai Anda sudah kena penyakit ini tetapi Anda tidak tahu sama sekali. Ataupun, ini sebagai wacana tambahan untuk Anda dapat mencegahnya di kemudian hari atau setidaknya bisa langkah sadar untuk mensosialisasikannya.

Menurut Wikipedia.com, Osteoporosis adalah penyakit tulang yang mempunyai sifat-sifat khas berupa massa tulang yang rendah, disertai mikro arsitektur tulang dan penurunan kualitas jaringan tulang yang dapat akhirnya menimbulkan kerapuhan tulang.

Menurut WHO, osteoporosis adalah penyakit yang ditandai dengan berkurangnya massa tulang dan adanya perubahan mikroarsitektur jaringan tulang. Osteoporosis bukan hanya berkurangnya kepadatan tulang tetapi juga penurunan kekuatan tulang. Pada osteoporosis kerusakan tulang lebih cepat daripada perbaikan yang dilakukan oleh tubuh. Osteoporosis sering disebut juga dengan keropos tulang. 
Pengertian lain, Osteoporosis adalah suatu kondisi yang berarti tulang Anda lemah, dan Anda lebih mungkin untuk mematahkan tulang. Karena tidak ada gejala, Anda mungkin tidak tahu tulang Anda semakin lemah sampai Anda mematahkan tulang! Anda tidak dapat "menangkap" osteoporosis atau memberikannya kepada orang lain. 'Osteoporosis' secara harfiah berarti 'tulang keropos' dan sering disebut sebagai 'penyakit tulang rapuh' dalam peningkatan risiko patah tulang dari pinggul, tulang belakang, dan pergelangan tangan. Osteoporosis sering disebut "diam" penyakit karena tidak memiliki gejala discernable sampai ada patah tulang.

Kekerasan tulang setiap orang akan berangsur-angsur menurun setelah memasuki umur 40 tahun. Pada wanita, menopause mempercepat proses pengeroposan tulang ini, khususnya jika mereka memiliki tulang-tulang yang tipis atau kecil, berambut merah atau pirang atau kulitnya berbintik-bintik, keturunan orang Eropa Utara atau Asia atau tidak pernah mempunyai anak. Merokok, hidup menetap, minum kortikosteroid, dan mengkonsumsi makanan yang mengandung sedikit kalsium juga meningkatkan resiko pengeroposan ini. Makin awal mengalami menopause, semakin tinggi resiko anda. Seringkali orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki tulang rapuh seperti sampai patah tulang pertama mereka dan sementara osteoporosis mempengaruhi baik pria dan wanita, perempuan, terutama yang lebih dari 50, lebih rentan - ahli menyarankan bahwa satu dari setiap dua perempuan dan satu dari lima pria di atas 50 akan memiliki patah tulang karena osteoporosis dalam hidup mereka.

Osteoporosis postmenopausal terjadi karena kekurangan estrogen (hormon utama pada wanita), yang membantu mengatur pengangkutan kalsium ke dalam tulang pada wanita. Biasanya gejala timbul pada wanita yang berusia di antara 51-75 tahun, tetapi bisa mulai muncul lebih cepat ataupun lebih lambat. Tidak semua wanita memiliki risiko yang sama untuk menderita osteoporosis postmenopausal, wanita kulit putih dan daerah timur lebih mudah menderita penyakit ini daripada wanita kulit hitam.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Lebih Dekat dengan Osteoporosis