Cara Mencegah Penyakit Kulit Dermatitis (Eksim)



cara mencegah dermatitis eksim
Tubuh yang terkena Eksim
Kesehatan kulit-Eksim adalah salah satu penyakit yang sering menyerang kulit manusia. Eksim atau Dermatitis adalah istilah kedokteran untuk kelainan kulit yang mana kulit tampak meradang dan iritasi. Peradangan ini bisa terjadi dimana saja namun yang paling sering terkena adalah tangan dan kaki. Jenis eksim yang paling sering dijumpai adalah eksim atopik atau dermatitis atopik.

Cara Mencegah Penyakit Kulit Dermatitis (Eksim)-Untuk mencegah penyakit dermatitis atau eksim maka langkah terbijak terlebih dahulu yang harus diketahui adalah mengetahui penyebab terjadinya penyakit dermatitis atau eksim. Dengan mengetahui penyebab penyakit eksim atau dermatitis maka, Anda dapat mengambil langkah kecil untuk menghindarinya atau setidaknya tidak melakukan tindakan yang dapat memicu penyakit eksim.
 
Penyebab Penyakit Dermatitis atau Eksim :
 
Penyebab dari eksim sebenarnya belum diketahui dengan pasti, namun beberapa ahli mencurigai eksim berhubungan dengan aktifitas daya pertahanan tubuh (imun) yang berlebihan. Hal ini menyebabkan tubuh mengalami reaksi berlebihan terhadap bakteri atau iritan yang sebenarnya tidak berbahaya pada kulit. Dermatitis dapat disebabkan karena alergi, reaksi keracunan obat, iritasi dari bahan-bahan pakaian, alergi dan faktor keturunan.  
 
Jadi, apabila dirinci. Penyebab penyakit dermatitis itu terbagi dua, yaitu faktor dari luar (eksternal) dan faktor dari dalam (internal). Faktor eksternal yang meliputi lingkungan. Saat cuaca  panas kita akan sering mengeluarkan keringat dan tidak jarang akan  terasa gatal. Gigitan nyamuk, serangga dan lain-lain yang menyebabkan  gatal. Kedua faktor internal yaitu faktor keturunan dan penyakit dalam  yang menyebabkan gatal. Selain itu, karena diindikasikan eksim atau penyakit dermatitis ini juga dap0at terjadi karena adanya iritasi dengan bahan-bahan pakaian maka Anda juga harus waspada. Jika Anda gatal jangan keseringan digaruk. Ini berbahaya. Karena seringnya digaruk  maka akan terjadi penebalan pada kulit yang menyebabkan gatal. Semakin  gatal maka kita biasanya akan semakin menggaruk area tersebut.

Cara alami dalam mencegah dermatitis, adalah menghindari menggaruk kulit yang gatal. Semakin anda garuk  memang terasa nyaman dan akan hilang setelah kulit luka, karena rasa  nyaman sudah diganti dengan nyeri. Jadi paksakanlah untuk tidak  menggaruk. Bisa juga menggunakan obat salep atau penghilang gatal dengan  cara dioleskan. Menggaruk eksim hanya akan memperburuk keadaan, karena kulit akan terinfeksi oleh bakteri-bakteri yang ada di dalam kuku, dan bila lukanya sudah mengering maka warna kulit akan tampak berbeda. Sebaiknya guntinglah kuku pada orang yang mempunyai penyakit eksim agar luka tidak terinfeksi oleh kuman.

Ketika kulit terasa sangat kering dan gatal, lotion dan krim pelembab sangat dianjurkan untuk membuat kulit menjadi lebih lembab. Tindakan ini biasanya dilakukan saat kulit masih sedikit basah, seperti saat habis mandi sehingga lotion yang dioleskan akan mempertahankan kelembaban kulit. Kompres dingin juga diduga dapat mengurangi rasa gatal yang terjadi.

Selain itu, usahakan untuk konsultasikan masalah kulit eksim atau dermatitis Anda pada dokter

------------ Artikel Menarik Lainnya --------


Comments
0 Comments

Responses

Poskan Komentar

 

Return to top of page Copyright © 2012 | Tentang Wanita | Info Kesehatan | CanSeh | Rahasia Kecantikan