Bahaya Minum Kopi bagi Ibu Hamil



Bahaya Minum Kopi bagi Ibu Hamil - Berdasarkan penelitian terhadap 18.478 wanita hamil di Aarhus Kommune hospital, Jerman, wanita yang rajin mengkonsumsi kopi selama mengandung, berisiko dua kali lipat untuk melahirkan bayi yang meninggal dalam kandungan, dibandingkan mereka yang sama sekali tidak meminum kopi.  Para peneliti telah menyatakan bahwa ada keterikatan kuat antara dosis tinggi konsumsi kopi selama mengandung akan meningkatkan risiko terkena keguguran. Dikatakan bahwa wanita hamil yang meminum satu atau dua cangkir kopi setiap hari memiliki risiko dua kali lipat mengalami keguguran dibandingkan wanita hamil yang tidak mengkonsumsi kafein. 

Bahaya Minum Kopi bagi Ibu Hamil. Studi peneliti Universitas Glasgow menemukan, secangkir kopi dapat berisi kafein enam kali lebih banyak daripada dari warung kopi lainnya. Juru bicara Obstestri dan Ginekolog Dr Daghni Rajasingam mengatakan, kelebihan asupan kafein selama kehamilan dikaitkan dengan peningkatan risiko kelahiran dengan berat kurang, atau keguguran janin. Bayi yang lahir dengan berat kurang berisiko lebih tinggi mengalami masalah jantung dan kardiovaskular di kemudian hari. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food and Function juga menemukan sumber kafein lain diantaranya dalam teh, cokelat, minuman ringan dan beberapa jenis obat-obatan.

Seperti dikutip dari Babycenter, Senin (19/7/2010) sedangkan wanita hamil yang mengonsumsi 3 cangkir kopi sehari berpotensi melahirkan bayi laki-laki dengan kondisi salah satu testisnya tidak turun ke skrotum. Namun jika bayi yang dikandungnya adalah perempuan, maka bisa menyebabkan bayi tersebut napas dan detak jantungnya lebih cepat di beberapa hari pertama kehidupannya. Sehingga memaksa orang tua dan petugas medis lebih berjaga-jaga terhadap kesehatannya.

Peneliti menyebutkan bahwa kafein diduga sangat berbahaya karena kafein bisa menekan metabolisme yang belum kuat pada janin dan meningkatkan aliran darah kedalam plasenta, dimana aliran darah yang kuat ini bisa menyakiti janin. Penelitian mengenai bahaya kopi untuk ibu yang sedang mengandung telah memunculkan hasil yang disetujui oleh banyak ahli bahwa memang keterkaitan antara konsumsi kafein dan keguguran itu sangat dekat. Faktor lainnya adalah kopi mengandung senyawa fenol yang dapat mempersulit tubuh untuk menyerap zat besi, hal ini tentu saja bisa memperburuk keadaan karena pada dasarnya banyak ibu hamil yang memang sudah memiliki kadar besi rendah. Sehingga ada kemungkinan bayi yang dilahirkan nanti memiliki risiko terkena anemia.

------------ Artikel Menarik Lainnya --------


Comments
0 Comments

Responses

Poskan Komentar

 

Return to top of page Copyright © 2012 | Tentang Wanita | Info Kesehatan | CanSeh | Rahasia Kecantikan